Skip to main content

Trik mengatasi karbu kemasukan air saat hujan

Assalamualaikum..
Ok sob,kali ini kita akan membahas tentang cara mengatasi motor brebet karena karbu yang kemasukan air.
Karna saat ini sudah masuk musim hujan, pasti akan sedikit ribet jika motor kita mbrebet atau mogok karena karburator kemasukan air.
Apalagi bagi teman-teman yang suka buka filter udara. Biasanya kasus ini motor masih bisa hidup, tapi saat di putar gas 3000 sampai 5000 rpm mesin brebet bahkan mati.

Ok, langsung saja kita eksekusi motor yang brebet. Inggat ini berlaku untuk yang kemasukan air ya sob. 
Pertama kita buka karet filter,buat yang masih terpasang filter. 
Kemudian hidupkan mesin. Gas perlahan kemudian tutup rapat moncong karbu dengan tangan sambil membuka gas penuh,lalu lepaskan tangan. Langkah ini yang akan mengeluarkan air bersama bensin. 
Usahakan jangan sampai mesin mati. Saat menutup dan melepas tangan gas harus penuh sampai idle kembali normal. 
Ulangi langkah tersebut dua sampai tiga kali sampai air habis dan tidak tercampur bensin. 
Jika sudah,kita coba dengan memutar gas dari 2000rpm sampai 10.000rpm. 

Cara ini hanya untuk keadaan darurat saja. Jangan lupa motor tetap di service karena air tidak sepenuhnya keluar. 

Selamat mencoba! 

Comments

Popular posts from this blog

Cara praktis mengganti lampu motor Matic

Kali ini kita akan bahas cara praktis mengganti bohlam lampu depan matic Tanpa membongkar 1 baut pun. Jadi kita bisa hemat waktu dan hemat uang karena kita bisa lakukan sendiri tanpa mengeluarkan uang untuk ongkos bengkel. Karena kita ketahui pada motor-motor sekarang tidak ada saklar lampu,jadi lampu akan menyala terus siang/malam. Otomatis umur bohlam lampu pun akan berkurang. Sehingga kita akan lebih sering melakukan penggantian bohlam tersebut. Langsung saja,buat sobat yang mencari cara praktis mengganti bohlam depan matic terutama mio m3,mari kita langsung ke tahap berikutnya. Hanya dengan memasukan tanggan lewat belakang shock depan,kita raba bagian fetting lampu,setelah dapat,tekan kedalam sambil diputar berlawanan arah jarum jam sekitar 30 derajat lalu lepas fetting lampu. Kemudian keluarkan bohlam dari dudukan. Lanjut ke pemasangan bohlam baru. Kali ini kita menggunakan bohlam standar/asli. Langsung ke pemasangan. Perhatikan lingkaran pada gambar bohlam Bagian ...

Cara setel ruji plintir/kepang manual

Bagi pecinta otomotif,kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang proses penbuatan/penyetelan ruji plintir. Ada beberapa jenis/bentuk kepang ruji. Biasa,kepang lurus,kembang/bronjong. Kali ini kita akan membahas yang type kembang/brojong seperti gambar,yang kebetulan saya sendiri yang membuatnya. Lanjut ke proses pembuatan.. Untuk tromol yang saya gunakan punya kawasaki blitz,pelek conrad 160/17,ruji wilwood. Sebenarnya untuk tromol sama saja,honda,suzuki atau yamaha. Yang terpenting adalah ukuran panjang ruji. Untuk plintir yang jenis bronjong ini panjang ruji kita pilih ruji yang lebih panjang 1cm dari ruji standar,dengan tromol kawasaki blitz. Langsung ke proses penganyaman ruji. Pisahkan ruji sesuai kepala ruji,untuk bagian dalam dan luar. Pasang ruji pada tromol seperti biasa. Lanjut ke proses plintir. Pertama Kita ambil ruji yang saling berdekatan,1 ruji dalam dan luar. Langsung kita plintir manual dengan tanggan. (maaf gambar manual,pas proses ngak ada yang...

Cara bongkar kepala silinder mesin KLX

Cara bongkar mesin kawasaki klx cukup mudah. Yang kelihatanya semrawut dan dan harus menurunkan mesin, ternyata tidak seperti yang dibayangkan. Oke sob. Langsung saja kita lakukan pembongkaran mesin kawasaki klx. Pertama kita lepas cover samping, jok dan tangki klx. Kemudian kita lepas soket kabel di bawah tangki juga komponen yang sekiranya menghalangi keluarnya kepala silinder. Di situ terdapat vacum katalis dan cdi,kita lepas langsung dudukanya. Proses membongkar kepala silinder sama halnya seperti mesin satria FU, jadi tidak perlu menurunkan mesin.  Lepas komponen yang menempel pada kepala silinder seperti karbu dan knalpot.  Lepas baut dudukan mesin pengikat kepala silinder. Kemudian kita buka tutup timing di lanjutkan melepas rantai dan gigi timing. Lepas 2 baut di bawah gigi timing dengan kunci T 10 dari atas.  Kendorkan baut tutup klep.  Kendorkan 4 baut kepala silinder kemudian lepas.  Setelah semua baut pengikat kepala si...