Skur klep. Penyekuran klep dilakukan karena terjadi kebocoran kompresi melalui payung klep. Karena saat kompresi bocor akan sangat berpengaruh terhadap tenaga mesin. Penyekuran dilakukan saat service besar karena tenaga mesin ngempos. Penyekuran klep sendiri terbilang cukup sulit karena butuh ketrampilan tangan untuk memutar klep secara kontinyue.
Oke, langsung saja kita bahas cara skur klep motor atau mobil.
Alat skur klep cukup menggunakan selang seukuran batang klep dan obat skur atau valve grinding paste atau biasa di sebut karburandum.
Pertama kita oleska obat skur pada bibir payung klep secukupnya, ga usah banyak-banyak. Kemudian masukan klep pada lubang klep. Gunakan selang untuk menyambung batang klep agar bisa di putar dengan telapak tangan. Bisa juga di tambah obeng atau batang besi bulat untuk menyambung selang agar lebih mudah saat di putar.
Putar selang atau batang besi dengan kedua telapak tangan. Saat tangan kanan bergerak maju, klep harus menutup pada seting klep atau sambil ditarik. Dan saat tangan bergerak mundur,klep harus posisi membuka atau sambil di dorong ke atas. Hal ini dilakukan supaya klep memutar kontinyu atau searah saat mengikis payung klep dan setingan klep. tambahkan sedikit bensin untuk mempercepat dan mempermudah penyekuran. Sekur sampai klep dan seting benar-benar rapat dan presisi.
Lihat dari bekas kikisan payung klep dan seting klep.
Oke, langsung saja kita bahas cara skur klep motor atau mobil.
Alat skur klep cukup menggunakan selang seukuran batang klep dan obat skur atau valve grinding paste atau biasa di sebut karburandum.
Pertama kita oleska obat skur pada bibir payung klep secukupnya, ga usah banyak-banyak. Kemudian masukan klep pada lubang klep. Gunakan selang untuk menyambung batang klep agar bisa di putar dengan telapak tangan. Bisa juga di tambah obeng atau batang besi bulat untuk menyambung selang agar lebih mudah saat di putar.
Putar selang atau batang besi dengan kedua telapak tangan. Saat tangan kanan bergerak maju, klep harus menutup pada seting klep atau sambil ditarik. Dan saat tangan bergerak mundur,klep harus posisi membuka atau sambil di dorong ke atas. Hal ini dilakukan supaya klep memutar kontinyu atau searah saat mengikis payung klep dan setingan klep. tambahkan sedikit bensin untuk mempercepat dan mempermudah penyekuran. Sekur sampai klep dan seting benar-benar rapat dan presisi.
Lihat dari bekas kikisan payung klep dan seting klep.
Pastikan bekas kikisan memutar rata pada klep dan setingan klep.
Haluskan sekuran dengan cara memberi sedikit obat skur, diputar terus sambil di tambah lebih banyak bensin sampai tidak terasa gerusan dari obat skur.
Jika sudah, terakhir cek dengan cara memasang pir klep atau bisa juga di tarik dengan tangan lalu masukan bensin dari lubang in/ex.
Perhatikan pada payung klep. Jika bensin masih rembes atau bocor,ulangi skur klep sampai bensin tidak rembes atau bocor dari payung klep.
Oke. Semoga membantu dan selamat mencoba!
Comments
Post a Comment