Skip to main content

Cara skur klep

Skur klep. Penyekuran klep dilakukan karena terjadi kebocoran kompresi melalui payung klep. Karena saat kompresi bocor akan sangat berpengaruh terhadap tenaga mesin. Penyekuran dilakukan saat service besar karena tenaga mesin ngempos. Penyekuran klep sendiri terbilang cukup sulit karena butuh ketrampilan tangan untuk memutar klep secara kontinyue.

Oke, langsung saja kita bahas cara skur klep motor atau mobil.

Alat skur klep cukup menggunakan selang seukuran batang klep dan obat skur atau valve grinding paste atau biasa di sebut karburandum.
Pertama kita oleska obat skur pada bibir payung klep secukupnya, ga usah banyak-banyak. Kemudian masukan klep pada lubang klep. Gunakan selang untuk menyambung batang klep agar bisa di putar dengan telapak tangan. Bisa juga di tambah obeng atau batang besi bulat untuk menyambung selang agar lebih mudah saat di putar.
Putar selang atau batang besi dengan kedua telapak tangan. Saat tangan kanan bergerak maju, klep harus menutup pada seting klep atau sambil ditarik. Dan saat tangan bergerak mundur,klep harus posisi membuka atau sambil di dorong ke atas. Hal ini dilakukan supaya klep memutar kontinyu atau searah saat mengikis payung klep dan setingan klep. tambahkan sedikit bensin untuk mempercepat dan mempermudah penyekuran. Sekur sampai klep dan seting benar-benar rapat dan presisi.
Lihat dari bekas kikisan payung klep dan seting klep.

Pastikan bekas kikisan memutar rata pada klep dan setingan klep. 
Haluskan sekuran dengan cara memberi sedikit obat skur, diputar terus sambil di tambah lebih banyak bensin sampai tidak terasa gerusan dari obat skur. 
Jika sudah, terakhir cek dengan cara memasang pir klep atau bisa juga di tarik dengan tangan lalu masukan bensin dari lubang in/ex. 
Perhatikan pada payung klep. Jika bensin masih rembes atau bocor,ulangi skur klep sampai bensin tidak rembes atau bocor dari payung klep.

Oke. Semoga membantu dan selamat mencoba! 

Comments

Popular posts from this blog

Cara praktis mengganti lampu motor Matic

Kali ini kita akan bahas cara praktis mengganti bohlam lampu depan matic Tanpa membongkar 1 baut pun. Jadi kita bisa hemat waktu dan hemat uang karena kita bisa lakukan sendiri tanpa mengeluarkan uang untuk ongkos bengkel. Karena kita ketahui pada motor-motor sekarang tidak ada saklar lampu,jadi lampu akan menyala terus siang/malam. Otomatis umur bohlam lampu pun akan berkurang. Sehingga kita akan lebih sering melakukan penggantian bohlam tersebut. Langsung saja,buat sobat yang mencari cara praktis mengganti bohlam depan matic terutama mio m3,mari kita langsung ke tahap berikutnya. Hanya dengan memasukan tanggan lewat belakang shock depan,kita raba bagian fetting lampu,setelah dapat,tekan kedalam sambil diputar berlawanan arah jarum jam sekitar 30 derajat lalu lepas fetting lampu. Kemudian keluarkan bohlam dari dudukan. Lanjut ke pemasangan bohlam baru. Kali ini kita menggunakan bohlam standar/asli. Langsung ke pemasangan. Perhatikan lingkaran pada gambar bohlam Bagian ...

Cara setel ruji plintir/kepang manual

Bagi pecinta otomotif,kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang proses penbuatan/penyetelan ruji plintir. Ada beberapa jenis/bentuk kepang ruji. Biasa,kepang lurus,kembang/bronjong. Kali ini kita akan membahas yang type kembang/brojong seperti gambar,yang kebetulan saya sendiri yang membuatnya. Lanjut ke proses pembuatan.. Untuk tromol yang saya gunakan punya kawasaki blitz,pelek conrad 160/17,ruji wilwood. Sebenarnya untuk tromol sama saja,honda,suzuki atau yamaha. Yang terpenting adalah ukuran panjang ruji. Untuk plintir yang jenis bronjong ini panjang ruji kita pilih ruji yang lebih panjang 1cm dari ruji standar,dengan tromol kawasaki blitz. Langsung ke proses penganyaman ruji. Pisahkan ruji sesuai kepala ruji,untuk bagian dalam dan luar. Pasang ruji pada tromol seperti biasa. Lanjut ke proses plintir. Pertama Kita ambil ruji yang saling berdekatan,1 ruji dalam dan luar. Langsung kita plintir manual dengan tanggan. (maaf gambar manual,pas proses ngak ada yang...

Cara bongkar kepala silinder mesin KLX

Cara bongkar mesin kawasaki klx cukup mudah. Yang kelihatanya semrawut dan dan harus menurunkan mesin, ternyata tidak seperti yang dibayangkan. Oke sob. Langsung saja kita lakukan pembongkaran mesin kawasaki klx. Pertama kita lepas cover samping, jok dan tangki klx. Kemudian kita lepas soket kabel di bawah tangki juga komponen yang sekiranya menghalangi keluarnya kepala silinder. Di situ terdapat vacum katalis dan cdi,kita lepas langsung dudukanya. Proses membongkar kepala silinder sama halnya seperti mesin satria FU, jadi tidak perlu menurunkan mesin.  Lepas komponen yang menempel pada kepala silinder seperti karbu dan knalpot.  Lepas baut dudukan mesin pengikat kepala silinder. Kemudian kita buka tutup timing di lanjutkan melepas rantai dan gigi timing. Lepas 2 baut di bawah gigi timing dengan kunci T 10 dari atas.  Kendorkan baut tutup klep.  Kendorkan 4 baut kepala silinder kemudian lepas.  Setelah semua baut pengikat kepala si...