Berdasarkan penggalaman pribadi,karena saya sendiri yang langsung terjun di dunia perbengkelan,kali ini kita akan membahas cara ganti kampas cakram belakang Tiger Revo,megapro mono supra 125,shogun NR ,dll.
Sekilas terlihat sulit dan butuh tenaga eksra melihat ukuran ban yang begitu besar pada tiger revo.
Tapi tenang!! Cara praktis ini hanya perlu sedikit tenaga,dan hanya dua kunci,yaitu obeng min dan kunci L ukuran 5mm.
Langsung ke tkp!
Melepas kampas.
Pertama kita congkel kampas bagian dalam yang menempe pada piston kaliper Dengan obeng min. Tujuanya supaya piston masuk kedalam kaliper sehingga kampas menjadi longgar dan mudah di keluarkan. Usahakan piston sampai masuk penuh,karena saat penggantian kampas nantinya juga lebih tebal dan memerlukan ruang yang lebih longgar.
Lanjut,kita buka karet penutup baut pengikat kampas,dilanjutkan melepas baut pengikat tersebut dengan kunci L.
Lepas kampas bagian luar dengan cara ditarik kebelakang.
Geser kaliper ke arah kanan supaya kampas bagian dalam lebih longgar.
Lepas kampas bagian dalam dengan cara yang sama.
Pemasangan kampas baru.
Pasang kampas bagian dalam terlebih dahulu. Baru geser kaliper ke arah kiri sampai kampas mentok pada piringan cakram.
Pasang kampas bagian luar,di teruskan memasang baut pengikat kampas.
Kencangkan baut pengikat dan tutup dengan karet penutup.
Pastikan semua kampas terpasang dengan benar.
Terakhir,pompa/injak pedal rem sampai kedua kampas benar-benar menjepit piringan cakram.
Tes dengan memutar roda dan injak pedal rem dengan cepat.
Jika dirasa cukup lanjut ke tes drive di jakanan.
Berikut cara praktis mengganti kampas rem belakang. Tampa bongkar ban dan lebih hemat waktu tentunya.
Selamat mencoba!!
Sekilas terlihat sulit dan butuh tenaga eksra melihat ukuran ban yang begitu besar pada tiger revo.
Tapi tenang!! Cara praktis ini hanya perlu sedikit tenaga,dan hanya dua kunci,yaitu obeng min dan kunci L ukuran 5mm.
Langsung ke tkp!
Melepas kampas.
Pertama kita congkel kampas bagian dalam yang menempe pada piston kaliper Dengan obeng min. Tujuanya supaya piston masuk kedalam kaliper sehingga kampas menjadi longgar dan mudah di keluarkan. Usahakan piston sampai masuk penuh,karena saat penggantian kampas nantinya juga lebih tebal dan memerlukan ruang yang lebih longgar.
Lanjut,kita buka karet penutup baut pengikat kampas,dilanjutkan melepas baut pengikat tersebut dengan kunci L.
Geser kaliper ke arah kanan supaya kampas bagian dalam lebih longgar.
Lepas kampas bagian dalam dengan cara yang sama.
Pemasangan kampas baru.
Pasang kampas bagian dalam terlebih dahulu. Baru geser kaliper ke arah kiri sampai kampas mentok pada piringan cakram.
Pasang kampas bagian luar,di teruskan memasang baut pengikat kampas.
Kencangkan baut pengikat dan tutup dengan karet penutup.
Pastikan semua kampas terpasang dengan benar.
Terakhir,pompa/injak pedal rem sampai kedua kampas benar-benar menjepit piringan cakram.
Tes dengan memutar roda dan injak pedal rem dengan cepat.
Jika dirasa cukup lanjut ke tes drive di jakanan.
Berikut cara praktis mengganti kampas rem belakang. Tampa bongkar ban dan lebih hemat waktu tentunya.
Selamat mencoba!!
Comments
Post a Comment