Skip to main content

Cara mudah ganti kampas cakram

Berdasarkan penggalaman pribadi,karena saya sendiri yang langsung terjun di dunia perbengkelan,kali ini kita akan membahas cara ganti kampas cakram belakang Tiger Revo,megapro mono supra 125,shogun NR ,dll.

Sekilas terlihat sulit dan butuh tenaga eksra melihat ukuran ban yang begitu besar pada tiger revo.
Tapi tenang!! Cara praktis ini hanya perlu sedikit tenaga,dan hanya dua kunci,yaitu obeng min dan kunci L ukuran 5mm.

Langsung ke tkp!
Melepas kampas.
Pertama kita congkel  kampas bagian dalam yang menempe pada piston kaliper Dengan obeng min. Tujuanya supaya piston masuk kedalam kaliper sehingga kampas menjadi longgar dan mudah di keluarkan. Usahakan piston sampai masuk penuh,karena saat penggantian kampas nantinya juga lebih tebal dan memerlukan ruang yang lebih longgar.

Lanjut,kita buka karet penutup baut pengikat kampas,dilanjutkan melepas baut pengikat tersebut dengan kunci L.
Lepas kampas bagian luar dengan cara ditarik kebelakang.
Geser kaliper ke arah kanan supaya kampas bagian dalam lebih longgar.
Lepas kampas bagian dalam dengan cara yang sama.

Pemasangan kampas baru.
Pasang kampas bagian dalam terlebih dahulu. Baru geser kaliper ke arah kiri sampai kampas mentok pada piringan cakram.
Pasang kampas bagian luar,di teruskan memasang baut pengikat kampas.
Kencangkan baut pengikat dan tutup dengan karet penutup.
Pastikan semua kampas terpasang dengan benar.

Terakhir,pompa/injak pedal rem sampai kedua kampas benar-benar menjepit piringan cakram.
Tes dengan memutar roda dan injak pedal rem dengan cepat.
Jika dirasa cukup lanjut ke tes drive di jakanan.

Berikut cara praktis mengganti kampas rem belakang. Tampa bongkar ban dan lebih hemat waktu tentunya.

Selamat mencoba!!

Comments

Popular posts from this blog

Cara praktis mengganti lampu motor Matic

Kali ini kita akan bahas cara praktis mengganti bohlam lampu depan matic Tanpa membongkar 1 baut pun. Jadi kita bisa hemat waktu dan hemat uang karena kita bisa lakukan sendiri tanpa mengeluarkan uang untuk ongkos bengkel. Karena kita ketahui pada motor-motor sekarang tidak ada saklar lampu,jadi lampu akan menyala terus siang/malam. Otomatis umur bohlam lampu pun akan berkurang. Sehingga kita akan lebih sering melakukan penggantian bohlam tersebut. Langsung saja,buat sobat yang mencari cara praktis mengganti bohlam depan matic terutama mio m3,mari kita langsung ke tahap berikutnya. Hanya dengan memasukan tanggan lewat belakang shock depan,kita raba bagian fetting lampu,setelah dapat,tekan kedalam sambil diputar berlawanan arah jarum jam sekitar 30 derajat lalu lepas fetting lampu. Kemudian keluarkan bohlam dari dudukan. Lanjut ke pemasangan bohlam baru. Kali ini kita menggunakan bohlam standar/asli. Langsung ke pemasangan. Perhatikan lingkaran pada gambar bohlam Bagian ...

Cara setel ruji plintir/kepang manual

Bagi pecinta otomotif,kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang proses penbuatan/penyetelan ruji plintir. Ada beberapa jenis/bentuk kepang ruji. Biasa,kepang lurus,kembang/bronjong. Kali ini kita akan membahas yang type kembang/brojong seperti gambar,yang kebetulan saya sendiri yang membuatnya. Lanjut ke proses pembuatan.. Untuk tromol yang saya gunakan punya kawasaki blitz,pelek conrad 160/17,ruji wilwood. Sebenarnya untuk tromol sama saja,honda,suzuki atau yamaha. Yang terpenting adalah ukuran panjang ruji. Untuk plintir yang jenis bronjong ini panjang ruji kita pilih ruji yang lebih panjang 1cm dari ruji standar,dengan tromol kawasaki blitz. Langsung ke proses penganyaman ruji. Pisahkan ruji sesuai kepala ruji,untuk bagian dalam dan luar. Pasang ruji pada tromol seperti biasa. Lanjut ke proses plintir. Pertama Kita ambil ruji yang saling berdekatan,1 ruji dalam dan luar. Langsung kita plintir manual dengan tanggan. (maaf gambar manual,pas proses ngak ada yang...

Cara bongkar kepala silinder mesin KLX

Cara bongkar mesin kawasaki klx cukup mudah. Yang kelihatanya semrawut dan dan harus menurunkan mesin, ternyata tidak seperti yang dibayangkan. Oke sob. Langsung saja kita lakukan pembongkaran mesin kawasaki klx. Pertama kita lepas cover samping, jok dan tangki klx. Kemudian kita lepas soket kabel di bawah tangki juga komponen yang sekiranya menghalangi keluarnya kepala silinder. Di situ terdapat vacum katalis dan cdi,kita lepas langsung dudukanya. Proses membongkar kepala silinder sama halnya seperti mesin satria FU, jadi tidak perlu menurunkan mesin.  Lepas komponen yang menempel pada kepala silinder seperti karbu dan knalpot.  Lepas baut dudukan mesin pengikat kepala silinder. Kemudian kita buka tutup timing di lanjutkan melepas rantai dan gigi timing. Lepas 2 baut di bawah gigi timing dengan kunci T 10 dari atas.  Kendorkan baut tutup klep.  Kendorkan 4 baut kepala silinder kemudian lepas.  Setelah semua baut pengikat kepala si...