Skip to main content

Mengganti sil rem colt

kali ini saya akan sedikit bercerita,dan menjelaskan tentang memperbaiki rem mobil yang blong.

Kali ini mobil milik teman saya sendiri colt pick tahun tua,ga tau tahun berapa.
Setelah di cek ternyata rem yang blong bagian depan.

Langsung saya masukan ke bengkel kecil saya yaitu pas di depan rumah saya.

Langsung saja kita ke tahap pengecekan.
Kendorkan baut pengikat kedua ban.
Ganjal kedua ban belakang,dongkrak kedua ban depan sampai kedua ban terangkat. Pastikan dogkrak aman dan siapkan balok pengganjal sebagai penambah/penggaman dongkrak. Setelah benar-benar aman,lepas kedua ban,di lanjutkan melepas tromol.

Cek semua piston/kaliper. Apakah ada yang bocor atau macet.
Setelah saya periksa,ternyata tidak ada yang bocor. Langsung cek apa piston macet? Di bantu teman saya menginjak pedal rem,dan ternyata piston yang bergerak cuma 1 dan 3 piston macet.

Berikut tahap perbaikan.
Lepas semua pir/pegas kampas.
Lepas kancing pengikat kampas Kemudian lepas kampas.
Tahan 1 piston yang masih aktif/normal,kemudian injak pedal rem.
Ternyata piston tidak ada yang bergerak sama sekali dan kita harus melepas dengan cara kita sendiri.
Caranya kendorkan baut naple,posisi nya di belakang rumah kampas.
Copot piston yang masih aktif menggunakan tang.
Putar piston yang macet sampai terasa longgar sambil ditarik keluar sampai piston terlepas.
Lepas semua piston dengan cara yang sama.
Dan ternyata penyebab piston macet adalah karat dan seal yang sudah keras karena umur seal.
Lanjut ke tahap pembersihan dan pemasangan.
Usahakan jangan sampai piston tertukar dari rumahnya.
Bersihkan semua piston dan rumah piston dengan air sabun.
Amplas bagian yang berkarat pada piston sampai bersih dan cek masukan pada rumah piston sampai sekiranya tidak macet. Setelah selesai bilas semuanya sampai bersih.

Tahap pemasangan.
Pasang semua seal baru pada puston.

Pasang piston pada rumahnya. Coba gerakan piston dengan tanggan /tang apakah sudah lancar. Jika sudah pasang kembali kampas rem,pengikat dan per. Pasang tromol.
Stel kampas sampai mentok pada tromol.
Terakhir proses penganginan dan penyetelan kampas. Tahap ini sedikit lebih sulit dan akan kita bahas di artikel berikutnya.Disini

Berikut adalah cara mengganti sil rem yang macet.

Semoga bermanfaat..


Comments

Popular posts from this blog

Cara praktis mengganti lampu motor Matic

Kali ini kita akan bahas cara praktis mengganti bohlam lampu depan matic Tanpa membongkar 1 baut pun. Jadi kita bisa hemat waktu dan hemat uang karena kita bisa lakukan sendiri tanpa mengeluarkan uang untuk ongkos bengkel. Karena kita ketahui pada motor-motor sekarang tidak ada saklar lampu,jadi lampu akan menyala terus siang/malam. Otomatis umur bohlam lampu pun akan berkurang. Sehingga kita akan lebih sering melakukan penggantian bohlam tersebut. Langsung saja,buat sobat yang mencari cara praktis mengganti bohlam depan matic terutama mio m3,mari kita langsung ke tahap berikutnya. Hanya dengan memasukan tanggan lewat belakang shock depan,kita raba bagian fetting lampu,setelah dapat,tekan kedalam sambil diputar berlawanan arah jarum jam sekitar 30 derajat lalu lepas fetting lampu. Kemudian keluarkan bohlam dari dudukan. Lanjut ke pemasangan bohlam baru. Kali ini kita menggunakan bohlam standar/asli. Langsung ke pemasangan. Perhatikan lingkaran pada gambar bohlam Bagian ...

Cara setel ruji plintir/kepang manual

Bagi pecinta otomotif,kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang proses penbuatan/penyetelan ruji plintir. Ada beberapa jenis/bentuk kepang ruji. Biasa,kepang lurus,kembang/bronjong. Kali ini kita akan membahas yang type kembang/brojong seperti gambar,yang kebetulan saya sendiri yang membuatnya. Lanjut ke proses pembuatan.. Untuk tromol yang saya gunakan punya kawasaki blitz,pelek conrad 160/17,ruji wilwood. Sebenarnya untuk tromol sama saja,honda,suzuki atau yamaha. Yang terpenting adalah ukuran panjang ruji. Untuk plintir yang jenis bronjong ini panjang ruji kita pilih ruji yang lebih panjang 1cm dari ruji standar,dengan tromol kawasaki blitz. Langsung ke proses penganyaman ruji. Pisahkan ruji sesuai kepala ruji,untuk bagian dalam dan luar. Pasang ruji pada tromol seperti biasa. Lanjut ke proses plintir. Pertama Kita ambil ruji yang saling berdekatan,1 ruji dalam dan luar. Langsung kita plintir manual dengan tanggan. (maaf gambar manual,pas proses ngak ada yang...

Cara bongkar kepala silinder mesin KLX

Cara bongkar mesin kawasaki klx cukup mudah. Yang kelihatanya semrawut dan dan harus menurunkan mesin, ternyata tidak seperti yang dibayangkan. Oke sob. Langsung saja kita lakukan pembongkaran mesin kawasaki klx. Pertama kita lepas cover samping, jok dan tangki klx. Kemudian kita lepas soket kabel di bawah tangki juga komponen yang sekiranya menghalangi keluarnya kepala silinder. Di situ terdapat vacum katalis dan cdi,kita lepas langsung dudukanya. Proses membongkar kepala silinder sama halnya seperti mesin satria FU, jadi tidak perlu menurunkan mesin.  Lepas komponen yang menempel pada kepala silinder seperti karbu dan knalpot.  Lepas baut dudukan mesin pengikat kepala silinder. Kemudian kita buka tutup timing di lanjutkan melepas rantai dan gigi timing. Lepas 2 baut di bawah gigi timing dengan kunci T 10 dari atas.  Kendorkan baut tutup klep.  Kendorkan 4 baut kepala silinder kemudian lepas.  Setelah semua baut pengikat kepala si...