Melanjutkan dari artikel sebelumnya. Kita akan membahas cara stel rem tromol mobil.
Penyetelan ini dilakukan supaya jarak atau saat kita menginjak pedal rem tidak terlalu dalam bahkan sampai pompa 2x baru ngerem. bayangkan saat kita berjalan dengan kecepatan tinggi tiba-tiba ada kucing lewat. Otomatis kita akan menginjak rem untuk menghentikan atau memperlambat kendaraan kita. Tapi saat kita injak ternyata blong?? Karena panik tidak mungkin kita menginjak langsung 2x. Dan bayangkan apa yang akan terjadi!
Memompa 2x juga di pengaruhi karena terdapat angin dalam selang/sistem pengereman.
Tapi di kesempatan kali ini kita akan membahas cara penyetelan kampas. Karena untuk Cara penganginan rem sudah di jelaskan di artikel sebelumnya.
Karena itu kita harus menjaga keamanan dimulai dari rem yang pakem.
langsung saja kita lakukan pendongkrakan dan menganjal. Setelah semua ban terangkat langsung kita mulai penyetelan.
Terdapat lubang di bawah baut napel.
Gunakan alat penyongkel atau obeng min utuk memutar baut penyetel. Congkel dari arah dalam keluar sambul memutar roda. Setelah terdengar ada gesekan kampas ke tromol berarti setelan sudah pas. Jika terdapat 2 setelan,berarti kita harus menyetel semuanya. Penyetelan semua roda hampir sama.
Biasanya dalam satu putaran roda akan terdengar 2 gesekan.
Setelah semua selesai lakukan pengujian rem terlebih dahulu.
Jika setelan kiri dan kanan tidak seimbang akan berpengaruh banting kiri atau kanan saat di rem.
Semoga bermanfaat.
Penyetelan ini dilakukan supaya jarak atau saat kita menginjak pedal rem tidak terlalu dalam bahkan sampai pompa 2x baru ngerem. bayangkan saat kita berjalan dengan kecepatan tinggi tiba-tiba ada kucing lewat. Otomatis kita akan menginjak rem untuk menghentikan atau memperlambat kendaraan kita. Tapi saat kita injak ternyata blong?? Karena panik tidak mungkin kita menginjak langsung 2x. Dan bayangkan apa yang akan terjadi!
Memompa 2x juga di pengaruhi karena terdapat angin dalam selang/sistem pengereman.
Tapi di kesempatan kali ini kita akan membahas cara penyetelan kampas. Karena untuk Cara penganginan rem sudah di jelaskan di artikel sebelumnya.
Karena itu kita harus menjaga keamanan dimulai dari rem yang pakem.
langsung saja kita lakukan pendongkrakan dan menganjal. Setelah semua ban terangkat langsung kita mulai penyetelan.
Terdapat lubang di bawah baut napel.
Gunakan alat penyongkel atau obeng min utuk memutar baut penyetel. Congkel dari arah dalam keluar sambul memutar roda. Setelah terdengar ada gesekan kampas ke tromol berarti setelan sudah pas. Jika terdapat 2 setelan,berarti kita harus menyetel semuanya. Penyetelan semua roda hampir sama.
Biasanya dalam satu putaran roda akan terdengar 2 gesekan.
Setelah semua selesai lakukan pengujian rem terlebih dahulu.
Jika setelan kiri dan kanan tidak seimbang akan berpengaruh banting kiri atau kanan saat di rem.
Semoga bermanfaat.
Comments
Post a Comment