Skip to main content

Service karburator

Assalamualaikum...
Kali ini kita akan membahas seputar karburator. 
Yuuppp,, apa yang ada di benak anda ketika mendengar kata RX KING?? 
Dengan suara yang khas,, berisik tapi ngehitz,,he.. 
Tp apa di kata kalau si RX tarikan kurang maksimal dan mbrebet,Karena karburator jarang di service, malah jadi bahan ejekan,larinya tak sekencang suaranya. 
Karena karburator sangat berperan penting dan perlu pembersihan/penyetelan secara berkala.
Fungsi dari karburator sendiri untuk mengabutkan bahan bakar(bensin) dan udara sehingga berbentuk partikel partikel kecil yang d suplai ke ruang bakar.

Langsung saja kita bahas cara membersihkan Karburator RX King.  

Langsung saja,lepaskan karburator dari motornya,,  siapkan mangkuk plastik kecil atau wadah yang biasa kita gunakan untuk service karburator.
  1. Buka empat batu bawah tempat tampungan bensin.
  2. Lepas pen(float pivot rod) pengikat apung-apung.
  3. Lepas apung-apung dan inlet needle.
  4. Lepas main jet dengan kunci ring 7 atau menggunakan tang.
  5. Lepas pilot jet dengan obeng min kecil.
Setelah semua terlepas,bersihkan satu persatu dengan bensin dan kuas,semprot dengan angin kompresor sampai benar-benar bersih dan tidak ada lubang yang tersumbat.

Periksa lubang main jet dan pilot jet,apakah ukuran lubang dirasa sudah normal. 
Jika sudah,Pasang kembali semua bagian dengan benar,jangan sampai ada yang tertinggal dan pastikan pasang dengan kencang.
Pasang kembali karburator pada motor.

Terakhir,stel campuran angin,dengan cara hidupkan,putar baut angin(fuel screw),dari mentok arah jarum jam diputar berlawanan arah jarum jam 1,5 putaran sampai 2,5 putaran Atau sampai di dapat putaran rpm mesin paling tinggi.
Coba putar gas dari 2000 rpm,sedikit demi sedikit sampai 10000rpm. Jika dari 2000 sampai 10000 rpm mesin tidak ada mbrebet,berarti karburator sudah normal.
Langsung test drive d jalan. gunakan gas langsam,jika dirasa sudah normal lanjut ke permainan gas yang lebih ekstrim.
Jika hentakan demi hentakan gas juga di rasa normal berarti kita sukses service karburator.

Dan selamat,sang Cobra bisa kembali liar di jalanan..hehe.

Mugkin cukup itu saja,semoga bermanfaat..
Wassalam......

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara praktis mengganti lampu motor Matic

Kali ini kita akan bahas cara praktis mengganti bohlam lampu depan matic Tanpa membongkar 1 baut pun. Jadi kita bisa hemat waktu dan hemat uang karena kita bisa lakukan sendiri tanpa mengeluarkan uang untuk ongkos bengkel. Karena kita ketahui pada motor-motor sekarang tidak ada saklar lampu,jadi lampu akan menyala terus siang/malam. Otomatis umur bohlam lampu pun akan berkurang. Sehingga kita akan lebih sering melakukan penggantian bohlam tersebut. Langsung saja,buat sobat yang mencari cara praktis mengganti bohlam depan matic terutama mio m3,mari kita langsung ke tahap berikutnya. Hanya dengan memasukan tanggan lewat belakang shock depan,kita raba bagian fetting lampu,setelah dapat,tekan kedalam sambil diputar berlawanan arah jarum jam sekitar 30 derajat lalu lepas fetting lampu. Kemudian keluarkan bohlam dari dudukan. Lanjut ke pemasangan bohlam baru. Kali ini kita menggunakan bohlam standar/asli. Langsung ke pemasangan. Perhatikan lingkaran pada gambar bohlam Bagian ...

Cara setel ruji plintir/kepang manual

Bagi pecinta otomotif,kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang proses penbuatan/penyetelan ruji plintir. Ada beberapa jenis/bentuk kepang ruji. Biasa,kepang lurus,kembang/bronjong. Kali ini kita akan membahas yang type kembang/brojong seperti gambar,yang kebetulan saya sendiri yang membuatnya. Lanjut ke proses pembuatan.. Untuk tromol yang saya gunakan punya kawasaki blitz,pelek conrad 160/17,ruji wilwood. Sebenarnya untuk tromol sama saja,honda,suzuki atau yamaha. Yang terpenting adalah ukuran panjang ruji. Untuk plintir yang jenis bronjong ini panjang ruji kita pilih ruji yang lebih panjang 1cm dari ruji standar,dengan tromol kawasaki blitz. Langsung ke proses penganyaman ruji. Pisahkan ruji sesuai kepala ruji,untuk bagian dalam dan luar. Pasang ruji pada tromol seperti biasa. Lanjut ke proses plintir. Pertama Kita ambil ruji yang saling berdekatan,1 ruji dalam dan luar. Langsung kita plintir manual dengan tanggan. (maaf gambar manual,pas proses ngak ada yang...

Cara bongkar kepala silinder mesin KLX

Cara bongkar mesin kawasaki klx cukup mudah. Yang kelihatanya semrawut dan dan harus menurunkan mesin, ternyata tidak seperti yang dibayangkan. Oke sob. Langsung saja kita lakukan pembongkaran mesin kawasaki klx. Pertama kita lepas cover samping, jok dan tangki klx. Kemudian kita lepas soket kabel di bawah tangki juga komponen yang sekiranya menghalangi keluarnya kepala silinder. Di situ terdapat vacum katalis dan cdi,kita lepas langsung dudukanya. Proses membongkar kepala silinder sama halnya seperti mesin satria FU, jadi tidak perlu menurunkan mesin.  Lepas komponen yang menempel pada kepala silinder seperti karbu dan knalpot.  Lepas baut dudukan mesin pengikat kepala silinder. Kemudian kita buka tutup timing di lanjutkan melepas rantai dan gigi timing. Lepas 2 baut di bawah gigi timing dengan kunci T 10 dari atas.  Kendorkan baut tutup klep.  Kendorkan 4 baut kepala silinder kemudian lepas.  Setelah semua baut pengikat kepala si...